Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Penemu Sabun Dan Shampo Pertama Di Dunia

sake-dean-mahomet.jpg sabun dan Shampoo pun penemunya adalah muslim Tahukah kalian siapa kah yang menciptakan ramuan sabun dan sampo yang biasa kita pergunakan setiap hari ?
ternyata sabun dan shampo merupakan salah satu penemuan penting dunia yang ditemukan oleh umat islam.
1. Sabun Sabun adalah salah satu penemuan yang dicapai umat Islam di era keemasan. Sejak abad ke-7 M, umat Muslim telah mengembangkan sebuah gaya hidup higienis. Dikenalkan pertama kali oleh ilmuwan Muslim yang bernama Ar-Razi atau di Barat sebagai Razes. Sabun yang terbuat dari minyak sayuran, seperti minyak zaitun serta minyak aroma, pertama kali diproduksi para kimiawan Muslim di era kekhalifahan. Sejak dari dulu formula untuk pembuatan sabun tidak pernah berubah. Sabun yang dibuat umat Muslim di zaman kejayaan sudah menggunakan pewarna dan pewangi. Selain itu, ada sabun cair dan ada pula sabun batangan.Bahkan , pada masa itu sudah tercipta sabun khusus untuk mencukur kumis dan janggut. Masyarakat Barat, khususnya Eropa, diperkirakan baru mengenal pembuatan sabun pada abad ke-16 M. Penemuan sabun yang tergolong modern memang baru diciptakan pada masa kejayaan Islam. Sejarah pembuatan sabun di dunia Islam dicatat secara baik oleh Raja Al- Muzaffar Yusuf ibn `Umar ibn `Ali ibn Rasul ( wafat 1294 M).
2. Sampo Yang memperkenalkan pertamakali sampo ke dunia Barat? Dialah seorang Muslim dari Benggali (India) bernama Sake Dean Mahomet yang membawa sampo ke daratan Eropa pada tahun 1759. Dia kemudian memperkenalkan sampo di Inggris dengan membuka“Mahomed`s Indian Vapor Baths” atau “Pemandian wangi gaya India milik Mahomet” di kawasan pelabuhan Brighton. Pemandian ini lebih mirip dengan pemandian gaya Turki atau Turkish Baths dimana ia juga menawarkan pijat terapi kulit kepala atau champi (mengeramas). Mahomet bahkan kemudian di tunjuk sebagai seorang ahli bedah khusus menyampo bagi raja George IV dan William IV. sejak saat itu para penata rambut di Inggris kemudian mulai membuat sampo dengan cara merebuh sabun batangan dengan air matang yang di bubuhi dengan rempah-rempah untuk membuat rembut berkilaudan wangi.
kedua penemu ini telah mengaplikasikan ajaran Rasullah SAW yaitu
"kebersihan itu adalah sebagian dari pada iman"
kedalam sebuah penemuan yang sangat berguna dalam kehidupan untuk kebersihan dan kesehatan tubuh. Karena dengan sabun dan sampo membuat tubuh kita menjadi lebih bersih , sehat dan wangi.
penemu shampoo , penemu sabun tokoh islam penemu shampoo 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Miliana mengatakan...

keren menambah pengetahuan sekali

berita rusia

Posting Komentar