Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

7 Hal Yang Tidak Boleh Di Lakukan Oleh Ibu Hamil

pantangan ibu hamil
Semua ibu hamil harus tahu mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan selama masa kehamilannya. Hal ini sangat berhubungan dengan kesehatan dan kelangsungan janin selama masa masa kandungan.
Setiap daerah memiliki keyakinan tentang pantangan dan yang harus dilakukan ibu hamil, keyakinan tersebut terus terpelihara dari dulu hingga sekarang, meskipun tentu saja semua kabar dan informasi tersebut belum tentu benar adanya.
Agar lebih mengetahui apa saja pantangan bagi ibu hamil, maka kali ini kami jelaskan secara khusus dan mendalam di halaman ini. Semua informasi berdasarkan fakta dan bukan keyakinan semata.
Berikut ini merupakan 7 hal yang tidak boleh dilakukan ibu hamil agar kandungannya tetap sehat dan dapat melahirkan dengan selamat.
Konsumsi kafein secara berlebih
Kafein mempengaruhi hormon stress pada ibu hamil, selain itu kafein juga berpengaruh secara langsung terhadap kadar kalsium tubuh seseorang.
Jika ibu hamil tetap mengkonsumsi kafein dalam jumlah banyak maka besar kemungkinan bayi yang dikandungnya memiliki masalah dengan detak jantung yang tidak teratur. Ini tentu bukan hal sepele yang bisa anda lupakan begitu saja.
Kurangi asupan kafein anda selama masa kehamilan berlangsung agar bayi yang dikandung tetap sehat sampai dilahirkan dan terhindar dari segala sesuatu yang tidak kita inginkan.
Olahraga ketika mual
Tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga adalah kegiatan yang sangat dianjurkan para dokter, terutama pada ibu hamil. Namun jika anda sering menemukan rasa mual saat sedang berolahraga maka segera hentikan kegiatan tersebut.
Hal ini justru memperburuk kondisi kesehatan anda dan bayi, jangan terlalu memaksakan diri untuk berolahraga. Lakukan latihan setelah anda benar-benar siap dan memungkinkan.
Merokok dan minuman keras
Untuk wanita yang dalam keadaan normal saja kedua hal ini sangat berbahaya, apalagi jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Rokok dan minuman keras mungkin tidak terlalu berpengaruh pada sang ibu, tapi akan sangat berbahaya bagi janin dalam kandungan.
Untuk memastikan kondisi janin atau bayi dalam kandungan anda tetap dalam kondisi yang sehat, maka hal yang harus dilakukan adalah berhenti mengkonsumsi kedua hal tersebut dan sekaligus menjauhi asap rokok sebisa mungkin.
Pakaian ketat dan sepatu hak tinggi
Pakaian yang terlalu ketat dan sepatu dengan hak yang tinggi akan menghilangkan rasa nyaman anda, masa hamil adalah masa yang sangat sensitif. Oleh sebab itu, rasa nyaman sangat diperlukan ibu hamil.
Bekerja terlalu berat
Termasuk dalam jenis ini adalah mengangkat beban yang berat, hindari hal tersebut agar kehamilan anda tidak terganggu. Meskipun beban tersebut biasa anda angkat pada hari-hari biasanya, namun saat hamil anda harus meninggalkannya.
Mandi air hangat
Mungkin tidak banyak orang tahu bahwa mandi dengan menggunakan air hangat saat hamil sangat tidak dianjurkan. Hal ini lebih dikarenakan dapat mempengaruhi dan mengganggu kandungan anda.
Makanan berminyak
Termasuk di dalamnya adalah makanan cepat saji atau segala jenis makanan yang bersifat instant seperti mie dan lain sebagainya. Selain menghindari makanan berminyak, anda juga diharuskan untuk meninggalkan makanan berkalori tinggi.
Ikuti panduan diet untuk ibu hamil seperti apa yang pernah kami tulis beberapa bulan yang lalu.
Jika anda meninggalkan semua hal yang tidak boleh dilakukan ibu hamil di atas, niscaya anda dan kandungan tetap dalam keadaan sehat hingga melahirkan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar